mutiarabangsa.sch.id

MB2- Field Trip 2011 by Ms. Ellen Tio PDF Print E-mail
( 1 Vote )
  
Saturday, 21 May 2011 00:12


Field Trip ke Sukabumi

Hari masih begitu pagi dan dingin ketika kami sampai di pabrik Pocari Sweat di Sukabumi. Uh…uh… dingin… sepanjang perjalanan terasa dingin, selain dingin dari AC bus, di luar juga di guyur hujan sehingga menambah dingin suasana di dalam bus. Namun perjalanan tidak terasa melelahkan, karena sepanjang perjalanan kami bercanda, terutama candaan Susanto dan Vincent (grade 10) yang ga’ ada matinya dan disuguhkan dengan film yang kocak. Wah… seru dech.

Kamis (5/5) pukul 06.00 wib, siswa-siswi SMP dan SMA serta beberapa guru Mutiara Bangsa 2 School berangkat ke Sukabumi melakukan field trip. Acara ini merupakan agenda tahunan dari Mutiara Bangsa 2 School. Jadwal pertama adalah melakukan kunjungan ke pabrik Pacari Sweat. Pukul 08.30 wib bus memasuki halaman pabrik. Kami pun bersiap-siap, dengan menggunakan seragam lengkap, kami memasuki lobi, lalu kami dipandu untuk naik ke lantai 4 (empat ).

Wouw…. Rasa takjub muncul dihati, tatkala melihat sebuah pabrik sebesar, sebagus dan sebersih ini. “Rasanya seperti di hotel bintang lima.” Kataku dalam hati. Kamipun menaiki anak tangga menuju lantai empat. Sesampai di atas kami memasuki sebuah ruang yang sangat besar. Disana tersedia sebuah layar (screen) yang sangat besar. Ada banyak kursi yang berjejer, layaknya sebuah studio bioskop. Seorang instruktur sudah standby dengan komputernya dan mike. Mulailah dia memperkenalkan diri dan dilanjutkan mengulas secara singkat/mempresentasikan profil perusahaan PT. Amerta Indah Otsuka yang memproduksi minuman isotonik dengan brand ‘Pocari Sweat’. Pada layar digambarkan/diceritakan sejarah singkat awal pembuatan minuman tersebut, hingga pabrik-pabrik yang ada saat ini di seluruh dunia.

Setelah hampir dua jam kami berada di ruangan tersebut, kamipun keluar dan disuguhkan sebotol Pocari Sweat. “Ah…segarnya… dan dahaga pun hilang.” Kataku kepada Ms. Tyas “Aku mau lagi dong..!” celetuk Vincent, siswa grade 10. Kami pun mendapatkan tambahan empat botol untuk masing-masing orang yang di masukkan ke dalam goody bag dan satu buah soyjoy yang juga produk dari Otsuka .

Setelah itu kami turun ke lantai tiga, dan di ajak ke belakang kantor. Ada lorong yang menuju ke pabrik. Tampaknya seperti akuarium besar. Kami hanya melihat dari atas, koridor tersebut dibatasi dengan kaca, kamipun bisa melihat para pekerja disana yang hanya sedikit karena tenaga manusia sudah banyak digantikan dengan mesin-mesin berteknologi tinggi. Selain kinerjanya lebih cepat dan tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar, hasil produksi juga berkali-lipat dibanding tenaga manusia.

Puas menjelajahi pabrik, kamipun pamit pulang. Tapi sebelumnya kami berfoto bersama di depan pintu masuk pabrik, sekaligus menyerahkan kenang-kenangan yang kami bawa untuk pihak manajemen pabrik. Akupun menyempatkan diri berfoto di depan kolam yang ada air mancurnya. Penjelasan dari instrukturnya, bahwa air mancur ada empat yang mengarah menuju ke satu titik, yaitu batu besar yang ada di tengah-tengah kolam. Kolam beserta air mancur dan batu besar tersebut mempunyai filosofi tentang perjalanan pabrik tersebut.

Hujan masih rintik-rintik ketika kami meninggalkan pabrik Pocari Sweat. Kamipun berangkat lagi menuju penginapan. Tiba di Pondok Maos, pukul 11.30 wib, kami berkumpul di gedung serba guna untuk penjelasan lebih lanjut tentang kegiatan yang akan kami lakukan dan pembagian kamar. Kamipun menuju pondok masing-masing dan merapikan barang-barang.

Kruk…kruk…kruk… perutku sudah berbunyi, menagih untuk segera diisi. Anak-anak juga sudah tidak sabar, segera kembali lagi ke gedung serba guna untuk makan siang. Wah.. sedapnya… menu makan siang ada capcay, ayam goreng mentega, sambal kentang, lalapan, sambal dan kerupuk. “Menunya seperti di restoran ya? Rasanya enak dan porsinya banyak,” celetuk Priscillia grade 8A yang duduk di sampingku. Ivana dan Rae juga mengatakan hal yang sama. Bahkan ada anak yang dua kali nambah. Lapar apa laper…..?????

Satu jam waktu makan siang sudah berlalu, anak-anak beserta pembimbing menuju lapangan futsal untuk melakukan ice breaking. Kami memang menggunakan Event Organizer (EO) untuk memandu acara selama di Pondok Maos. Anak-anak begitu antusias mengikuti instruksi dari instruktur. Meskipun hari belum juga bersahabat, rintik-rintik hujan masih membasahi bumi. Masing-masing kelompok diharuskan membuat yel-yel. Yel-yel terbagus akan mendapatkan hadiah. Hasilnya, semua yel-yel bagus dan lucu hingga membuat peserta tidak berhenti tertawa. Ketika penentuan yel-yel terbagus, semua kelompok menjagokan yel-yelnya. Namun seorang anggota kelompok Merkurius, Pieter mengucapkan nama kelompok lain. Jadilah kelompok tersebut dinyatakan menang. Acara dilanjutkan dengan lomba pukul bantal. Kamipun berpakaian renang menuju kolam renang yang letaknya di belakang dan di atas pemondokan kami, namun masih satu area. Disana masing-masing kelompok menyiapkan anggotanya untuk berlaga di “Medan Perang.”

Peserta pertama adalah Mr. Rudy yang juga Ketua Panitia Field Trip dengan lawannya Willin Jo, Fegan dan Michael (grade 8A). Semuanya di ‘sapu bersih’ oleh Mr. Rudy. Dilanjutkan dengan kelompok lain. Para penonton tak kuat menahan tawa, tatkala peserta lomba saling memukul, ada yang hanya memukul angin. Ada juga yang belum dipukul sudah jatuh duluan, karena tidak bisa menyeimbangkan badan. Ada juga yang bertahan lama, setelah itu baru jatuh. Sementara peserta field trip yang tidak ikut lomba, asyik berenang dan bermain air. Dan peserta lain yang tidak ikut berenang, hanya menonton dari pinggir kolam. Setelah sampai babak final, perlombaan pukul bantal ini dimenangkan oleh Vincent dari kelompok Jupiter. Juara kedua, kelompok Merkurius dan juara ketiga, dari kelompok Saturnus.

Jam 15.30, perut terasa kosong, karena berada di dalam air terus. “Kopi..kopi…snack…snack…” teriak kepala sekolah memberitahukan kepada kami semua, saatnya makan snack dan minum teh. “Enak ya snacknya,” kata Valerie. “Boleh nambah ga’ mis?” Tanya Wilson kepada saya. “Boleh saja, asal yang lain sudah kebagian semua.” Anak-anak sangat menyukai pisang coklat (piscok) keju dan singkong keju (sike) yang memang rasanya enak dan di sajikan menarik. Selesai mengisi perut, Monica (grade 7) mengajak saya untuk kembali berenang. Dan kami pun berenang lagi sampai puas.

Jam 18.00 kami makan malam bersama, menunya malam ini sungguh menghangatkan badan. Sop daging, ayam goreng, perkedel tahu, lalapan, sambal dan tidak ketinggalan kerupuk ikan. “Nyam…nyam…ayam goring, ayam goring… “ teriak upin di salah episode Upin dan Ipin yang ditiru oleh Ivana. Selesai menikmati makan malam, kami memulai permainan joget balon. Seluruh peserta diwajibkan untuk mengikuti permainan ini. Untuk menentukan peserta lomba beserta pasangannya, seluruh siswa laki-laki duduk di sebelah kanan juri dan siswa perempuan di sebelah kiri. Mereka duduk satu meja, kemudian para peserta harus memberikan ‘jeruk panas’ kepada peserta lain secara bergilir dengan diiringi musik. Para peserta tergesa-gesa memberikan jeruk, bahkan sampai dilempar agar tidak mendapat ‘jeruk panas’ tersebut. Ketika musik berhenti, dan peserta yang memegang jeruk, itulah yang mendapat kesempatan untuk berjoget balon bersama pasangan yang sudah ditentukan oleh ‘jeruk panas’ tersebut. Lomba joget balon dimenangkan oleh pasangan Riandy-Natasya disusul pasangan Nathania-Audy dan diposisi ketiga, pasangan Kelvin-Novika.

Selesai joget jeruk, acara bebas. Namun bebas disini, masih dalam pengawasan para pembimbing masing-masing. Ada yang main kartu domino, UNO, main bola pingpong, bilyar alias bola sodok, ada yang karaoke-an, ada yang hanya mengobrol dengan teman-teman. Ada juga yang main ayunan di luar menikmati suasana malam di Sukabumi. Jam menunjukkan angka 23.00 wib, seluruh peserta field trip di haruskan tidur, karena

 

Last Updated ( Saturday, 21 May 2011 01:08 )
 

Menu Utama

Email MB

Email Mutiara Bangsa

Sponsorship - 2013

Login Form



Tic Tac Toe


Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday84
mod_vvisit_counterYesterday745
mod_vvisit_counterThis week2111
mod_vvisit_counterLast week5578
mod_vvisit_counterThis month18435
mod_vvisit_counterLast month21880
mod_vvisit_counterAll411104

Online (20 minutes ago): 13
Now is: 2014-07-31 02:13

Lokasi Pengunjung

Locations of visitors to this page

MB Mobile

Sekilas Gambar

Image Title 1Image Title 2Image Title 3Image Title 4Image Title 5Image Title 6Image Title 7Image Title 8Image Title 9Image Title 10

Sponsorship - 2013

Kegiatan MB

July 2014
S M T W T F S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2